INFO MOTOGP 2009 : Inovasi BRIDGESTONE Di GP Jerman

Pemasok tunggal ban pada ajang MotoGP musim ini akan menerapkan terobosan baru pada GP Jerman, akhir pekan ini. Menurut, perwakilan Bridgestone Motosport Tohru Ubukata, pihaknya akan menyediakan dua kompoun dalam satu ban yang akan digunakan setiap pembalap di sirkuit Sachsenring.

Ide penggunaan dua kompoun dalam satu ban ini merupakan yang kedua kali di ajang MotoGP, setelah di GP Catalunya. Jenis ban ini juga kerap disebut asymmetric tyre (satu sisi ban lebih lembut dari sisi lainnya). Ide penggunaan jenis ban ini juga tak lepas atas rujukan para pembalap yang mengaku tidak puas dengan kinerja Brigdestone pada GP Laguna Seca, AS dua pekan lalu.

"Sirkuit Sachsenring yang memiliki karakter berlawanan arah dengan jarum jam, memilik asumsi bahwa sirkuit tersebut lebih banyak menyediakan tikungan ke kiri. Jadi, untuk menyediakan ban yang cocok dengan karakter sirkuit seperti ini, kami memilih menyediakan ban belakang tipe asimetris untuk yang kedua kali musim ini," papar Ubukata sebagaimana dilansir Crash.

"Kami melihat, tipe ban asymmetris Brigdestone berkompoun keras dan ekstra keras bekerja dengan cukup baik dalam kondisi yang relatif sama seperti di Catalunya. Jadi, kami yakin dengan performa ban ini di sirkuit Sachsenring," tambahnya.

"Di sini, kita akan melihat perbedaan antara sisi ban sebelah kiri dan kanan yang berarti temperatur antara kiri dan kanan jauh lebih baik dibanding pada seri di Laguna Seca. Inilah alasan mengapa kami selalu menjadwalkan menggunakan tipe ban asimetris di Sachsenring," lanjutnya.

"Pada seri pembukaan paruh kedua musim ini, kita akan melihat salah satu keunggulan dari penggunaan ban bekalang Bridgestone dengan tipe asimestris. Seperti yang telah dan akan kami terapkan di Catalunya dan Sachsenring, asymmetric tyre juga akan kami gunakan pada empat seri ke depan," tutup Ubukata.

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !