Shin Tae-yong Akui Terkejut Timnas U-19 Indonesia Kalahkan Tim Eropa

Pelatih timnas U-19 Indonesia, Shin Tae-yong, mengatakan bahwa sebenarnya terkejut anak asuhnya dapat mengalahkan tim Eropa selama jalani pemusatan latihan (TC) di Kroasia.

Shin Tae-yong memimpin TC timnas U-19 Indonesia di Kroasia selama dua bulan dengan menjalani 11 laga uji coba melawan tim asal Asia dan juga klub lokal.

Dari 11 laga uji coba timnas U-19 Indonesia tersebut, tim asuhan Shin Tae-yong meraih kemenangan lima kali, tiga imbang, dan tiga kali menelan kekalahan.

Sebanyak lima kemenangan yang diraih skuad Garuda Nusantara tersebut diantaranya empat kesuksesannya mengalahkan tim Eropa.

Empat tim Eropa yang berhasil dikalahkan timnas U-19 Indonesia, yakni Zagreb U-19 (1-0), NK Dugopolje (3-0), Makedonia Utara U-19 (4-1), Hajduk Split U-19 (4-0).

Sementara untuk satu kemenangan lainnya diraih setelah berhasil menaklukkan Qatar U-19 di pertemuan pertama (2-1).

Menanggapi hal itu, Shin Tae-yong mengungkapkan keterkejutannya kepada salah satu media Korea Selatan, Khan.

Hal itu karena mantan pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut tak menyangka, bahkan setelah keberhasilannya itu, ia merasa seperti seorang yang spesial saat ini.

"Lawan yang kami kalahkan memang tim kelompok usia yang sama (di bawah U-19), dan tentu kami terkejut bisa mengalahkan tim Eropa," kata Shin Tae-yong sebagaimana dilansir BolaSport.com dari media Korea, Khan.

"Dan saya sekarang di Indonesia, diperlakukan seperti seorang VIP," ucapnya.

Dengan perkembangan luar biasa yang sukses ditunjukkan oleh pelatih berusia 51 tahun tersebut tentu saja membuat orang telah berubah menilai sepak bola Tanah Air.

Bahkan Shin Tae-yong mengaku, dengan catatan itu pun bahkan termasuk pandangan orang-orang Indonesia juga telah berubah.

"Sekarang saya merasa bahwa cara pandang terhadap sepak bola Indonesia dari luar sana sudah berubah," tutur Shin.

Berkat catatan bagus selama di Kroasia, tentu saja Shin Tae-yong mengaku bahwa ia merasa bangga karena para pemain mampu berkembang dengan baik.

Ia mengaku permainan skuad timnas U-19 Indonesia sudah semakin kuat dan cukup taktis saat ini.

"Kami mulai bangga dengan sepak bola ini dan mencoba selalu menjaga kepelatihan," ujarnya.

Sementara itu, skuad timnas U-19 Indonesia saat ini, Kamis (5/11/2020) telah menjalani latihan virtual sebelum kembali berkumpul untuk menggelar TC ke luar negeri.
BERIKAN KOMENTAR ()
 
wisata tradisi game kuliner